Thursday, July 30, 2009

Orang Pesisir Diberi Kapal, Harusnya Pedalaman Diberi Pesawat

Ketua DPRD Kabupaten Pegunungan Bintang Costan Oktenka mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua jangan hanya memerhatikan transportasi warga pesisir karena masyarakat di pedalaman di kawasan Pegunungan Tengah juga membutuhkan alat angkut yang memadai.

"Kalau penduduk di pesisir pantai bisa diberi Kapal Perintis, mengapa kami di kawasan Pegunungan Tengah Papua yang masih tertinggal dan sangat sulit transportasi tidak diberi pesawat terbang?" ujar Costan Oktenka saat ditemui di Jayapura, Rabu.

Ketua DPRD Kabupaten Pegunungan Bintang itu mengatakan, Pemprov Papua sejak 2006 sudah membeli enam kapal perintis yang sekarang melayani penduduk di pesisir sehingga mereka dengan mudah dapat berpergian ke kabupaten dan kota lainnya.

Rakyat Papua di pedalaman di kawasan Pegunungan Tengah, katanya, hingga saat ini masih hidup susah dan tertinggal karena kesulitan transportasi udara.

Menurut dia, Pemprov Papua seharusnya jujur dan adil memberikan pelayanan bagi rakyatnya sehingga pembangunan di sana bisa secepatnya merata, mulai pesisir hingga pedalaman.

Dia mengatakan, kabupaten-kabupaten yang berada di kawasan pedalaman Pegunungan Tengah Papua selama ini dikategorikan daerah tertinggal meski sebenarnya bukan tertinggal, tetapi sengaja ditinggalkan pemerintah.

Costan Oktenka mengakui, untuk membangun kawasan Pegunungan Tengah Papua itu sangat sulit karena berbagai keterbatasan dan hambatan.

kompas.com

No comments:

Post a Comment